Guru Penggerak _Koneksi Antar Materi . Modul 1.2

 Koneksi antar meateri modul 1.2

Profil pelajar pancasila merupakan tujuan pendidikan Indonesia kedepannya , maka perlu seorang guru yang berkompeten dan trampil dalam menjalankan perannya baik berperan sebagai Pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Dari 5 Peran seorang ini tidaklah cukup untuk mencapai tujuan Profil pelajar pancasila, Guru dalam menjalankan perannya perlu memperhatikan dan memiliki nilai- nilai Mandiri, reflekstif, inovatif, kolaborasi dan berpusat pada murid sehingga menghasilkan sebuah produk yang unggul yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan dan berakhlak mulia, Mandiri , bernalar kritis, kreatif, gotong – royong, dan berkebinekaan global.

Filosofi Ki Hajar Dewantara erat kaitannya dengan peran dan nilai guru penggerak , Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa pendidikan itu hanya tuntunan didalam tumbuh dan  kembangnya murid, siswa berkembang dan berumbuh diluar dari kehendak sang pendidik, pendidik tidak bisa memaksakan anak harus menjadi apa yang dipikirkan bahkan memaksa menjadi anak yang lain , karena pada dasarnya setiap anak memiliki kodrat alam dan kodrat zaman berbeda. Untuk menyikapi dan mencapai pada tahap budi pekerti yang baik maka perlu peran dan nilai – nilai guru penggerak.

Karena peran dan nilai Guru penggerak ini adalah kunci mencapai profil pelajar pancasila maka saya perlu strategi untuk memiliki nilai – nilai tersebut yaitu

a.       Memperbanyak literasi baik dalam bentuk media digital maupun maupun non digital yang berkaitan dengan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa agar pembelajaran menjadi menyenangan dan anakpun bahagia

b.      Berkolaborasi dengan teman sejawat dalam merencanakan, melaksanakan perubahan di sekolah

c.       Melakukan refleksi secara konsisten agar menjadi acuan dalam merencanakan kegiatan yang lebih baik kedepannya

d.      Terus berinovasi untuk kemajuan sekolah dan anak didik

e.       Melakukan secara konsisten profil pelajar pancasila agar menjadi teladan bagi anak didik.

untuk mencapai, memilki serta dapat mengimplementasikan peran dan nilai guru penggerak, sebagai manusia yang membutuhkan orang lain , maka perlu dukungan dari keluarga ,dan kerjasama kepala sekolah sebagai fasilitator , rekan sejawat sebagai mitra untuk berkolaborasi dan segaligus motivator , peserta didik sebagai mitra kerja untuk mencapai tujuan pendidikan, yayasan atau dinas terkait yang memberikan fasilitas ,dan motivasi , masyarakat, Fasilitator dalam kegitan CGP dan rekan –rekan CGP.

Comments

Popular posts from this blog

Refleksi Minggu Pertama Modul 1.1 Program Pendidikan Calon Guru Penggerak

Ilmu Matematika

The shape of the root and its operation(Bentuk akar dan Operasinya )