Guru Penggerak _Koneksi Antar Materi . Modul 1.2
Koneksi antar meateri modul 1.2
Profil pelajar pancasila merupakan tujuan pendidikan Indonesia kedepannya , maka perlu seorang guru yang berkompeten dan trampil dalam menjalankan perannya baik berperan sebagai Pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Dari 5 Peran seorang ini tidaklah cukup untuk mencapai tujuan Profil pelajar pancasila, Guru dalam menjalankan perannya perlu memperhatikan dan memiliki nilai- nilai Mandiri, reflekstif, inovatif, kolaborasi dan berpusat pada murid sehingga menghasilkan sebuah produk yang unggul yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan dan berakhlak mulia, Mandiri , bernalar kritis, kreatif, gotong – royong, dan berkebinekaan global.
Filosofi Ki Hajar
Dewantara erat kaitannya dengan peran dan nilai guru penggerak , Ki Hajar
Dewantara mengatakan bahwa pendidikan itu hanya tuntunan didalam tumbuh dan kembangnya murid, siswa berkembang dan
berumbuh diluar dari kehendak sang pendidik, pendidik tidak bisa memaksakan
anak harus menjadi apa yang dipikirkan bahkan memaksa menjadi anak yang lain ,
karena pada dasarnya setiap anak memiliki kodrat alam dan kodrat zaman berbeda.
Untuk menyikapi dan mencapai pada tahap budi pekerti yang baik maka perlu peran
dan nilai – nilai guru penggerak.
Karena peran dan nilai
Guru penggerak ini adalah kunci mencapai profil pelajar pancasila maka saya
perlu strategi untuk memiliki nilai – nilai tersebut yaitu
a.
Memperbanyak literasi baik dalam bentuk
media digital maupun maupun non digital yang berkaitan dengan strategi
pembelajaran yang berpusat pada siswa agar pembelajaran menjadi menyenangan dan
anakpun bahagia
b.
Berkolaborasi dengan teman sejawat dalam
merencanakan, melaksanakan perubahan di sekolah
c.
Melakukan refleksi secara konsisten agar
menjadi acuan dalam merencanakan kegiatan yang lebih baik kedepannya
d.
Terus berinovasi untuk kemajuan sekolah
dan anak didik
e.
Melakukan secara konsisten profil
pelajar pancasila agar menjadi teladan bagi anak didik.
untuk mencapai, memilki
serta dapat mengimplementasikan peran dan nilai guru penggerak, sebagai manusia
yang membutuhkan orang lain , maka perlu dukungan dari keluarga ,dan kerjasama
kepala sekolah sebagai fasilitator , rekan sejawat sebagai mitra untuk
berkolaborasi dan segaligus motivator , peserta didik sebagai mitra kerja untuk
mencapai tujuan pendidikan, yayasan atau dinas terkait yang memberikan
fasilitas ,dan motivasi , masyarakat, Fasilitator dalam kegitan CGP dan rekan –rekan
CGP.
Comments
Post a Comment