RPP 1 LEMBAR MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                             Nama Sekolah          :     SMA Santo Antonius Padua Sentani
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Program        :    XII / IPS
                                             Semester                   :     Genap

Kompetensi Dasar
Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
Tujuan
1.      Dapat Menjelaskan arti barisan dan deret
2.      Dapat Menemukan rumus barisan aritmetika
Materi Pembelajaran
Pola bilangan dan Barisan bilangan

Model :
Saintifik




Produk :
Memahami proses dalam menentukan ( menemukan) rumus barisan bilangan


Deskripsi :
Peserta didik secara mandiri memahami proses menentukan / menemukan rumus barisan aritmetika
Langkah – langkah pembelajaran
Mengamati
1.      Guru membagi beberapa siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru yang berkaitan dengan permasalahan yang melibatkan arti barisan dan deret serta menemukan rumus barisan aritmetika
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan arti barisan dan deret serta menemukan rumus barisan aritmetika
4.      Guru memotivasi peseta didik dalam kelompok untuk menuliskan hal – hal yang perluh ditanyakan dan belum dipahami dari permasalahan
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa atau sumber lain untuk mengumpulkan data tentang arti barisan dan deret serta menemukan barisan arimetika
Mengasosiasi
6.      Peserta didik membahas dan mendiskusikan tentang arti barisan dan deret serta menentukan rumus barisan aritmetika.
7.      Guru membimbing siswa dalam kelompok ( kelompok yang mengalami kesulitan ) serta memberikan kesempatan kepada kelompok untuk bertanya
8.      Peserta didik dalam kelompok dengan bimbingan guru untuk mengaitkan atau menyimpulkan tentang arti barisan dan deret serta menemukan rumus barisan aritmetika.
Mengkomunikasikan ‘
9.      Perserta didik menyajikan hasil diskusinya ( perwakilan kelompok)
10.  Peserta didik dan guru memberikan tanggapan dan dan analisis dari hasil presentase yang meliputi tanya jawab, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi atau tanggapan lainnya.
Alat dan bahan :
Laptop
Alat tulis
Buku pelajaran

Penilaian :
Tes tertulis  : menjelaskan arti barisan dan deret serta menentukan atau menemukan rumus barisan aritmetika


                                                                                                            Sentani, 20 Januari 2020
Kepala sekolah                                                                                   Guru matematika


Gabriel Payong,S.Pd                                                                         Rianto Jaya, S.Pd
NIY.119.01012016/IV.4.281                                                             NIP.-

Comments

Popular posts from this blog

Refleksi Minggu Pertama Modul 1.1 Program Pendidikan Calon Guru Penggerak

Ilmu Matematika

The shape of the root and its operation(Bentuk akar dan Operasinya )