RPP 1 LEMBAR MATEMATIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA Santo Antonius Padua Sentani
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : XII /
IPS
Semester : Genap
Kompetensi
Dasar
|
Menentukan
suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
|
Tujuan
|
1. Dapat
Menjelaskan arti barisan dan deret
2. Dapat
Menemukan rumus barisan aritmetika
|
Materi
Pembelajaran
|
Pola bilangan
dan Barisan bilangan
|
Model :
Saintifik
Produk :
Memahami proses
dalam menentukan ( menemukan) rumus barisan bilangan
Deskripsi :
Peserta didik
secara mandiri memahami proses menentukan / menemukan rumus barisan
aritmetika
|
Langkah –
langkah pembelajaran
Mengamati
1. Guru membagi
beberapa siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang
2. Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru yang berkaitan dengan permasalahan yang
melibatkan arti barisan dan deret serta menemukan rumus barisan aritmetika
Menanya
3. Guru mengarahkan
peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan arti barisan dan
deret serta menemukan rumus barisan aritmetika
4. Guru memotivasi
peseta didik dalam kelompok untuk menuliskan hal – hal yang perluh ditanyakan
dan belum dipahami dari permasalahan
5. Peserta didik
diminta untuk membuka buku siswa atau sumber lain untuk mengumpulkan data
tentang arti barisan dan deret serta menemukan barisan arimetika
Mengasosiasi
6. Peserta didik membahas
dan mendiskusikan tentang arti barisan dan deret serta menentukan rumus
barisan aritmetika.
7. Guru membimbing
siswa dalam kelompok ( kelompok yang mengalami kesulitan ) serta memberikan
kesempatan kepada kelompok untuk bertanya
8. Peserta didik dalam
kelompok dengan bimbingan guru untuk mengaitkan atau menyimpulkan tentang
arti barisan dan deret serta menemukan rumus barisan aritmetika.
Mengkomunikasikan
‘
9. Perserta didik
menyajikan hasil diskusinya ( perwakilan kelompok)
10. Peserta didik dan
guru memberikan tanggapan dan dan analisis dari hasil presentase yang
meliputi tanya jawab, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi
atau tanggapan lainnya.
|
Alat dan
bahan :
Laptop
Alat tulis
Buku pelajaran
|
|
Penilaian :
Tes tertulis : menjelaskan arti barisan dan deret serta
menentukan atau menemukan rumus barisan aritmetika
|
|
Sentani,
20 Januari 2020
Kepala sekolah Guru
matematika
Gabriel Payong,S.Pd Rianto
Jaya, S.Pd
NIY.119.01012016/IV.4.281 NIP.-
Comments
Post a Comment